Welcome to peoplewillfindtheway.blogspot.com... Feel free to explore and enjoy!

Masalah Daya Ingat dan Solusinya


Apa benar cuma orang tua saja yang bakal mengalami masalah daya ingat? Ternyata tidak juga! Buktinya banyak dari kita (yg masih muda) kalau ditanya tentang sesuatu, jawabnya,"Au ah gelap...!" atau "Udah lupa tuh...!" Ups jangan serus-serius amat, bukan itu maksudnya. Yang jelas orang muda juga bisa mengalami hal yang sama kalau sudah urusan daya ingat.


Kalau kita sebagai orang muda tidak peduli masalah ini, jangan salahkan jika belum usia tua, sudah banyak kata lupa kita keluarkan.

Sebenarnya untuk meningkatkan daya ingat, caranya mudah saja. Tinggal kita usahakan otak kita cukup mendapat suplai oksigen dan darah. Nah seperti perut yang butuh diisi makanan saat lapar, otak juga butuh glukosa sebagai sumber nutrisinya (jadi bukan DHA atau EPA sebagai nutrisi sebenarnya dari otak melainkan cukup glukosa).


Tetapi meski begitu ada beberapa nutrien yang diperlukan untuk membantu fungsi otak kita.

Antioksidan pada vitamin
Membantu menjaga suplai oksigen pada arteri terpenting ke otak sebaik fungsinya dalam mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan sangat penting dalam meningkatkan kemauan otak kita. Sumbernya adalah buah dan sayur-sayuran.

Vitamin B
Sangat penting untuk energi sel-sel otak. Kekurangan thiamin (B1), niacin, B6, B12, dan asam folat bisa menyebabkan kita mudah lupa, bingung, atau bahkan kehilangan memori. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B adalah daging, ayam, susu, telur, hati, dan juga sayur-sayuran hijau.

Asam lemak Esensial
Penting untuk perkembangan dan memelihara otak kita. Asam lemak omega-3 dan omega-6 banyak ditemukan pada minyak ikan, minyak nabati, alpukat, minyak zaitun, dan kedelai.

Lesitin dan Kolin
Dibutuhkan untuk memproduksi senyawa kimia otak yang dikenal dengan asetilkolin; senyawa yang sangat vital untuk meningkatkan fungsi daya ingat dan melindungi otak melawan penyakit degeneratif. Sumber utama kolin adalah ikan, sedangkan sumber lesitin adalah kedelai, kuning telur, hati, keju, kacang tanah, dan sayur-sayuran hijau.

Selain kita mengenal beberapa sumber nutrisi yang penting bagi otak kita, tidak salahnya kalau kita juga mengetahui beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan memori otak kita.

1. Selalu aktif dan bersosialisasi dengan sekitar
Ternyata sikap mental yang selalu aktif dan senang berinteraksi dengan teman, sahabat, atau orang-orang di sekitar kita bisa ikut meningkatkan jalur hubungan antarsel otak.

2. Latihlah otak Anda
Jaga otak kita selalu aktif dengan berusaha mempelajari hal-hal yang baru setiap hari, sekalipun itu hal-hal yang sederhana, seperti mempelajari bagaimana menggunakan internet.

3. Bermain permainan kata-kata
Pikat diri kita dengan berusaha memecahkan permainan teka-teki atau permainan kata. Permainan kartu seperti bridge atau poker juga bisa membantu menjaga daya ingat kita tetap tajam.

4. Buka kembali kenangan manis masa lalu
Melihat album kenangan dan peristiwa-peristiwa penting dalam hidup kita bisa membantu melatih daya ingat kita.

5. Lakukan latihan relaksasi dalam
Ini penting untuk mencegah stres karena stres dapat mengganggu daya ingat kita. Belajarlah bagaimana menjadi tenang dalam menghadapi masalah; Mungkin kita bisa mencoba teknik pernafasan dalam, meditasi, yoga, atau self-hypnosis.


Sumber: http://kolom-inspirasi.blogspot.com/2011/08/masalah-daya-ingat-dan-solusinya.html

0 comments:

Post a Comment