Welcome to peoplewillfindtheway.blogspot.com... Feel free to explore and enjoy!

Jawaban Bijak

Kebetulan saya dapat sms dari teman dengan tema Jawaban Bijak. Dan kebetulan pula smsnya berguna buat gw post. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman semua yang membaca. Bukannya sok tahu tapi hanya sekedar sharing aja.
Well, silahkan dibaca aja..
:D

Seorang Guru berkumpul dgn murid-muridnya, lalu beliau mengajukan 6 pertanyaan :

Pertanyaan 1 : Apa yg PALING DEKAT dgn diri kita di dunia ini ?
Muridnya ada yg menjawab : "orang tua", "guru", "teman", "kerabatnya".
Yg paling dekat dgn kita adalah "kematian". Sebab kematian adalah PASTI adanya...
Mayoritas kita sering memperhatikan hal yang hanya berpengaruh bagi diri dan sekeliling kita. Namun kita terkadang mengabaikan hal yang paling dekat dengan kita dimanapun yang bisa terjadi kapan saja, yaitu kematian. Kita seharusnya bersyukur dengan hari-hari yang diberikan dan kita masih bisa melihat hari esok. Tapi masih banyak kaum muda, bahkan kaum dewasa yang tidak memperhatikan hal ini. Mereka yang tidak akan menyadari akan hal ini cenderung ceroboh sehingga kecelakaan terjadi. Sungguh sulit bagi kita terlahir sebagai manusia, dalam kehidupan sebagai manusia ini kita seharusnya banyak berbuat baik dan tidak menyia-nyiakan hidup dengan melakukan hal yang berguna.


Pertanyaan 2 : Apa yg PALING JAUH dari diri kita di dunia ini ?
Muridnya ada yg menjawab : "negara Cina", "bulan", "matahari".  
Yg paling benar adalah “masa lalu". Siapa pun kita, bagaimana pun kita dan betapa kayanya kita... tetap kita TIDAK bisa kembali ke masa lalu. Sebab itu kita hrs menjaga hari ini, hari2 yg akan datang...

Masa lalu, masa kini, dan masa depan. Ketiga hal ini adalah hal yang tidak bisa kita hindarkan dan tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita selama kita masih hidup. Masa lalu adalah masa dimana kita telah melalui masa kini dan tersimpan di dalam ingatan kita. Masa lalu yang buruk jika dianggap sebagai beban, maka kita tidak akan mendapatkan pelajaran apapun. Anggaplah sebagai pengalaman kita agar untuk yang berikutnya tidak terjadi lagi dan agar lebih baik dari sebelumnya. Masa lalu adalah hal yang paling jauh, karena masa yang telah berlalu tidak bisa lagi kita raih dengan apapun, namun kita harus bisa menerima masa lalu. Jadi, janganlah terlalu lama melihat atau meratapi masa lalu, karena itu telah berlalu dan tidak akan bisa rubah. Sadarlah akan masa kini, masa dimana kita harus melakukan sesuatu untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu. Dan masa depan dimana kita akan merasakan semua hasil usaha kita di masa kini.

Pertanyaan 3 : Apa yg PALING BESAR di dunia ini ?
Muridnya ada yg menjawab "gunung", "bumi", "matahari".  
Yg plg besar dr yg ada di dunia ini adalah "nafsu"... Banyak manusia menjadi celaka krn menuruti hawa nafsunya. Segala cara dihalalkan demi mewujudkan impian nafsu duniawi karena itu kita hrs hati2 dgn hawa nafsu ini...

Setiap manusia pasti memiliki hawa nafsu. Nafsu adalah hal yang sulit bagi kita untuk dikendalikan. Nafsu biasanya terjadi di saat kita terlalu terobsesi akan seusatu yang kita inginkan. Nafsu biasanya berawal dari indra kita seperti mata, telinga, mulut, dll. Nafsu yang timbul bisa berasal dari kesenangan akan sesuatu, kenikmatan, tantangan, dll. Jika kita tidak bisa mengendalikan nafsu kita, maka nafsu itu akan menguasai diri kita sendiri dan pada akhirnya mencelakakan kita.

Pertanyaan 4 : "Apa yg PALING BERAT di dunia ini ?".
Di antara muridnya ada yg menjawab : "baja", "besi", "gajah", ...
Yg paling berat adalah "memegang janji"...

Janji bagi kita adalah ibarat utang. Di saat kita telah berjanji, saat itu juga kita telah berhutang kepada seseorang dan harus kita bayar dalam bentuk hal yang kita janjikan. Janji dikatakan sebagai hal yang paling berat karena memegang janji tidaklah mudah. Selain harus ditepati, janji juga merupakan bentuk kepercayaan. Jika kita tidak menepati janji tersebut maka berikutnya kita tidak akan dipercaya lagi.

Pertanyaan 5 : "Apa yg PALING RINGAN di dunia ini ?"
Ada yg menjawab "kapas","angin", "debu", "daun2an"
Yg paling ringan di dunia ini adalah"Meninggalkan Ibadah"...

Di jaman sekarang, kita menemukan begitu banyak pandangan yang berbeda. Ada yang mengutamakan pekerjaan daripada keluarga, ada pula sebaliknya. Dan salah satunya adalah ibadah, hal yang kecil dan mudah namun penting bagi kita. Orang-orang banyak tidak memiliki waktu untuk beribadah karena ada kegiatan yang mereka nilai lebih penting posisinya daripada beribadah. Seperti: karena masih ada kerjaan yang belum selesai, bahkan ada yang karena pergi jalan dengan teman. Mereka yang terbiasa beralasan seperti ini yang bertujuan untuk menghindari ibadah biasanya sulit dibujuk untuk beribadah. Apa salahnya beribadah yang umumnya hanya seminggu sekali dan hanya berselang beberapa jam saja? Sedangkan kita sanggup pergi bersenang-senang hampir seharian bahkan berhari-hari.

Lalu pertanyaan 6 : "Apakah yg PALING TAJAM di dunia ini ?.
Muridnya menjawab dgn serentak... "Pedang !"
Yg paling tajam adalah "lidah manusia" karena melalui lidah, manusia dgn mudahnya menyakiti hati, melukai perasaan...

Alat berbicara manusia adalah lidah. Dengan lidah kita mampu berbicara, memuji, bahkan melukai perasaan orang lain seperti mengejek atau menghina. Tentu kita semua tahu, luka yang paling sulit disembuhkan adalah perasaan. Luka secara fisik bisa sembuh total, namun apakah luka secara mental bisa? Tidak. Bagaimanapun perasaan yang terluka, walaupun telah diobati dengan kata maaf dsb, tetap tidak akan mengobati seluruhnya. Luka tersebut akan tetap membekas seumur hidup dan akan terus dikenang. Jadi berhati-hatilah ketika berbicara walaupun hanya bercanda. Setiap orang bisa saja terluka perasaannya kapanpun dengan kondisi yang tidak bisa kita prediksi dan ketahui walaupun orang tersebut tahu kita hanya bercanda.

Semoga artikel ini berguna bagi teman2 semua...

0 comments:

Post a Comment