Welcome to peoplewillfindtheway.blogspot.com... Feel free to explore and enjoy!

Sutra Teratai

"... Setelah para Buddha memasuki Parinirvana, ada orang-orang yang melakukan persembahan kepada relik Buddha dengan mendirikan setrilyon jenis stupa. Dengan emas, perak dan kristal, kerangka remis raksasa dan batu akik, berbagai permata tulen carnelian dan vaidurya, mereka secara besar-besaran menghiasi dan mengokohkan stupa-stupa tersebut dengan beragam harta nomor satu dengan hati setulus-tulusnya.

Ada pula orang-orang yang membangun mausoleum batu, dari kayu cendana dan gaharu, dari hovenia dan kayu-kayu yang lain, dari bata, ubin, tanah liat, dan lainnya. Ada pula orang-orang yang membuat gundukan tanah di lapangan terbuka untuk membentuk tempat keramat Buddha, bahkan anak-anak sambil bermain membangun stupa Buddha dari tanah. Orang-orang seperti ini dan yang lainnya sekarang telah mencapai ke-Buddha-an.

Dengan rasa bakti terhadap para Buddha, orang-orang yang membangun, membuat patung, atau memahat gambar Buddha sekalipun, sekarang semuanya telah mencapai ke-Buddha-an.

Beberapa di antara mereka membuat rupang Buddha dari tujuh permata, atau dengan nikel, tembaga, timah putih, atau dengan campuran timah hitam dan putih, atau dengan besi, kayu, dan kembali, dengan tanah liat. Beberapa dari mereka bahkan melapisi rupang dengan damar dan pernis. Semuanya secara sungguh-sungguh dan teliti membuat gambar Buddha. Orang-orang seperti ini dan yang lainnya sekarang telah mencapai ke-Buddha-an.

Orang-orang menghasilkan lukisan Buddha dengan warna beragam, secara cermat menonjolkan kualitas mulia para Buddha melalui keahlian seninya, baik oleh mereka sendiri secara langsung ataupun oleh orang lain melalui petunjuk mereka. Mereka semuanya sekarang telah mencapai ke-Buddha-an.

Bahkan anak-anak yang sedang bermain, mungkin sempat menggunakan rumput, tongkat, sikat, atau jari kuku mereka, menggambar gambar Buddha. Orang-orang seperti ini dan yang lainnya secara perlahan memupuk kebajikan, secara penuh membentangkan hati welas asih mereka yang besar. Mereka sekarang jika belum mencapai ke-Buddha-an, adalah telah menjadi Bodhisattva yang menolong sekian banyak makhluk tak terhitung...." 


Sumber: http://www.buddhadordenma.org/idwisdom.php

0 comments:

Post a Comment