Welcome to peoplewillfindtheway.blogspot.com... Feel free to explore and enjoy!

Renungan Kesabaran


Kesabaran seseorang seharusnya diperkuat dengan berpikir mereka yang tidak memiliki kesabaran akan menderita akibat ketidaksabarannya sendiri dan melakukan sesuatu yang akan membawa penderitaan pada kehidupan selanjutnya.

Ia seharusnya berpikir, sekalipun penderitaan ini timbul akibat perbuatan salah orang lain, tetapi tubuhku merupakan tempat berlangsungnya penderitaan ini dan perbuatan yang menimbulkan penderitaan tersebut merupakan milikku (akibat dari karma yang berbuah)

Ia juga seharusnya berpikir, penderitaan yang kuterima akan membebaskan dari utang-utang (buah) karma burukku, bila tidak ada seorang pun yang berbuat kesalahan bagaimana aku dapat melatih dan menyempurnakan kesabaranku? Sekalipun saat ini ia berbuat kesalahan tetapi dahulu ia mungkin seorang yang murah hati terhadapku

Selanjutnya ia juga seharusnya berpikir, semua makhluk bagaikan anak-anakku sendiri dan orang tua manakah yang menjadi marah dan dendam karena kesalahan yang dilakukan oleh anak-anaknya?

Akhirnya ia harusnya berpikir, ia berbuat salah padaku (mungkin) karena kesalahan yang ada dalam diriku, aku harus berusaha untuk melenyapkan kesalahan itu (bukan sebaliknya melakukan kesalahan baru)


Sumber: http://smsiddharta.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment