Welcome to peoplewillfindtheway.blogspot.com... Feel free to explore and enjoy!

Hal Dasar Yang Perlu Diketahui Dalam Fitness

Tentu kita sudah sering mendengar kata "Fitness". Sebenarnya apa arti dari fitness? Arti fitness secara umum yaitu aktivitas yang dapat membuat tubuh lebih bugar. Gym dan Fitness tidak jauh berbeda dimana Gym adalah kegiatan untuk memperbesar otot tubuh (angkat besi, dll), sedangkan fitness aktivitasnya lebih luas yang bisa dengan tujuan memperlancar aliran darah (aerobik, yoga, dll). Ada banyak tujuan dan latar belakang kenapa orang melakukan fitness. Beberapa yang sudah menjadi alasan umum adalah untuk memperbagus bentuk tubuh, atau hanya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tapi, dalam melakukan Fitness terkadang bisa gagal dalam membentuk tubuh, kenapa? Hal ini dikarenakan kita biasanya hanya melakukan aktivitas fitness hanya sebatas kegiatan saja. Maksudnya kita melakukan workout hanya pada saat durasi sedang berlangsung, dimana setelah fitness kebanyakan dari kita tidak memantau tubuh, seperti pola hidup dan jenis makanan yang dikonsumsi. 

Sebelum kita memutuskan untuk fitness dengan tujuan membentuk tubuh, ada baiknya kita melihat bentuk tubuh kita dahulu apakah overweight atau underweight. Istilah ini mungkin kita kenal secara kasarnya adalah obesitas atau kekurangan gizi. Tubuh kita ada takaran proposional yang ditentukan dari tinggi dan berat tubuh. Berikut tabel Indeks Massa Tubuh / Body Mass Index yang ideal.


Cara membaca tabel berikut adalah dengan menemukan koordinat titik dengan menggabungkan tinggi badan (bagian vertikal) dengan berat badan (bagian horizontal) kita. Misalkan seseorang dengan tinggi tubuh 175cm dan berat 65kg, maka orang tersebut berada di titik 21 dimana titik tersebut berwarna hijau yang berarti ideal. 

Ketika kita sudah menemukan apakah tubuh kita ideal atau belum, maka dari sana lah kita dapat memutuskan untuk memulai dari mana. Jika berada di posisi underweight maka orang tersebut harus banyak menerima asupan gizi agar mencapai berat badan idealnya, biasanya dengan jalan pintas suplemen penambah berat tubuh / weight gain. Tapi apabila masuk kategori overweight maka orang tersebut perlu melakukan diet terlebih dahulu agar lapisan lemak berkurang, jika tidak hasil fitnessnya tidak kelihatan secara fisik (pasarannya otot berlapis lemak). Namun ini hanya disarankan bagi mereka yang ingin membentuk tubuh saja dikarenakan dalam kategori apapun jika melakukan fitness otot tubuh tetap terbentuk, hanya terlihat kurang proposional jika diluar kategori ideal.

Hal yang wajib diperhatikan dalam pertumbuhan otot ada 3, yaitu:
  1. Latihan, penting untuk merangsang pertumbuhan dan pembentukan otot
  2. Nutrisi, penting untuk mencukupi semua kebutuhan tubuh dalam menumbukan / mengembangkan otot
  3. Istirahat, penting untuk memberikan waktu kepada otot melakukan recovery dan berkembang
Jadi, jika ingin membentuk tubuh selain diperlukan latihan kita juga wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan istirahat yang cukup. Ada baiknya tubuh pun diberikan jeda istirahat 1-2 hari sebelum melakukan fitness berikutnya agar otot tidak stress.

Fitness adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Beberapa manfaatnya diantaranya adalah dapat membuat tubuh tetap ideal, berat badan stabil, dan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, akhir – akhir ini olah badan fitness ini semakin populer dan banyak pula orang yang tertarik melakukan kegiatan fitness. Jika memang kita berniat untuk mulai melakukan fitness, tentu anda harus punya panduan dulu. Karena bagi pemula yang masih awam dengan fitness tidak boleh langsung melakukan fitness dengan porsi yang besar. Harus diupayakan fitness dengan pola yang ringan dilakukan terlebih dahulu.

Menjaga dan merawat tubuh memang sulit, namun akan menjadi lebih mudah jika kita mulai dari pola hidup kita, bukan hanya sebatas niat. Jadikanlah Fitness / Diet menjadi lifestyle kita, bukan hanya sebatas aktivitas. Jika hanya sebatas aktivitas maka hasilnya tidak akan kelihatan, karena itulah banyak diantara mereka yang mencoba mengalami kegagalan. Kenapa disarankan untuk menjadikan diet atau fitness sebuah gaya hidup? Karena kelebihan berat badan beresiko terkena berbagai penyakit dan lebih banyak kerugiannya. Mulailah hidup sehat sebelum terlambat, Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Diet bukan selalu berarti mengurangi porsi makan, diet yang sehat adalah mengontrol asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya menghindari seringnya mengonsumsi makanan berlemak, berminyak, dll. Tentu semua yang enak di awal itu akan menyengsarakan di akhir bukan? :p

No Pain, No Gain.

*disaring dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment